Wujudkan Smart City, Diskominfo Pati Bentuk Relawan TIK

0

Pati, 5News.co.id—Dalam rangka mewujudkan smart government dan smart society sebagai bagian dari smart city, Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Pati membentuk Relawan Teknologi dan Informasi Komputer (RTIK). Demikian dinyatakan oleh Kepala Dinas Kominfo Kab. Pati dalam acara pertemuan calon relawan TIK, di aula kantor Diskominfo Kab. Pati, pukul 13.00 WIB siang kemarin.

Baca juga: Pati Menuju Smart City

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Kab. Pati, Indriyanto SH M.Si mengatakan bahwa relawan TIK ini dibentuk dari berbagai unsur.

“Saat ini ada sekitar 30 calon relawan dari unsur PNS, swasta, pegiat komunikasi, blogger, akademisi, pengajar atau dosen, yang nantinya secara formal akan dilantik menjadi pengurus organisasi RTIK,” katanya.

“Relawan TIK ini akan berperan dalam mengedukasi dan mensosialisasikan fungsi dari teknologi dan informasi di wilayah Pati. Ini bukan perkara mudah, karena tantangannya juga berat,” imbuhnya.

Indriyanto juga menjelaskan bahwa pembentukan kepengurusan RTIK ini nantinya juga akan membantu pemerintah kabupaten Pati, dalam menerapkan teknologi berbasis TIK kepada masyarakat. Hal itu dirasa penting, karena menurutnya banyak penyalahgunaan teknologi dan informasi yang dampaknya justru merugikan masyarakat.

Baca juga: Kabupaten Pati, 1 Dari 100 Smart City Indonesia

“Tugas RTIK cukup berat, menangkal hoax contohnya, atau menjelaskan kepada masyarakat bagaimana menggunakan teknologi smartphone dengan baik. Handphone dibuat untuk memudahkan hidup, tapi nyatanya justru manusia terbelenggu oleh handphone, hal itu terjadi karena teknologi tidak difungsikan sebagaimana mestinya. ” ujar Indriyanto.

Dalam kesempatan itu, Kadis Kominfo Kab. Pati itu juga mengatakan jika teknologi bisa difungsikan dengan tepat, dan tidak disalahgunakan, masyarakat akan menikmati banyak kemudahan.

“Itu nanti jadi tugas RTIK, untuk mengedukasi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi dengan baik. Tentunya kita semua bertujuan agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi lingkungan dan menjadi bagian dalam mewujudkan Kabupaten Pati ini menjadi lebih baik,” pungkasnya menutup.(hsn)