Warganet Keluhkan Gangguan WhatsApp, Facebook dan Instagram

0

Jakarta, 5News.co.id- Sejumlah layanan media sosial mengalami gangguan sejak Kamis (14/3) dini hari. Aplikasi seperti Facebook, Instagram dan layanan berbasis pesan seperti WhatsApp terpantau mengalami gangguan dalam mengirim dan menerima pesan.

Sejauh pantauan 5News pengguna layanan WhatsApp mengeluh kesulitan saat mengirim dan meneruskan pesan, namun mereka tak menemukan kendala saat mengunggah atau mengunduh gambar maupun video. Sementara warganet pengguna Facebook dan Instagram, mengeluh tak dapat melihat unggahan terbaru dari pengguna lain.

Beberapa pengguna lainnya menyatakan tidak dapat melihat komentar terbaru dari postingan yang mereka buat sebelumnya. Tagar #Instagramdown dan #Facebookdown sempat menjadi trending di jejaring sosial Twitter Kamis pagi.

Kantor berita Antara pada Kamis (14/3) melansir bahwa peristiwa ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Melalui situs Down Detector, peta kerusakan Facebook terjadi antara lain di Amerika Serikat, Meksiko, Peru, Australia dan Jepang.

Melalui akun Twitter resminya, @Instagram menyatakan sedang memeriksa gangguan itu. Mereka menyatakan sedang bekerja keras untuk mengatasi gangguan tersebut.

Di lain pihak, Facebook melalui akun Twitter-nya membantah gangguan ini disebabkan oleh serangan DDoS. Namun demikian, penyedia layanan itu belum menyatakan sesuatu terkait penyebab kerusakannya.(hsn)