oleh

Tingginya Kesadaran Warga Desa Plajan untuk Donor Darah

Jepara, 5NEWS.CO.ID,- Masyarakat Desa Plajar Kecamatan Pakis Aji Jepara rutin melakukan donor darah, hampir 3 bulan lambatnya 4 bulan sekali melakukan donor darah, kata Pryatin selaku Petinggi Desa Plajan kepada 5news.co.id saat di temui di balai Desa Palajan, Jumat (12/07/2019).

“Setahun setidaknya empat kali warga desa Plajan melakukan donor darah, minimal 6 bulan sekali mereka melakukan donor,” katanya.

Menurut Priyatin, terakhir menjelang lebaran kemarin warga desa mendonorkan darahnya. Kemudian hari ini PMI Jepara datang kembali ke balai desa untuk membuka pelayanan donor darah.

“Ya kami bekerja sama dengan PMI Jepara. Mereka memberikan jadwal ke kami kemudian kami membuat undangan ke warga terkait hari pelaksanaan,” katanya.

Kemudian waga dengan kesadaran sendiri datang ke pendopo desa dan bergantian mendonorkan darah, ungkapnya.

Menurut perempuan berkerudung itu, kerjasama Desa Plajan dengan PMI Jepara sudah berjalan lebih dari 7 tahun. Kesadaran masyarakatlah yang membuat kerjasama itu terus berjalan.

“Seperti jika musim demam berdarah, pihak rumah sakit atau dari PMI sendiri biasa menghubungi ketua Paguyuban kemudian mengumumkan golongan darah yang dibutuhkan. Warga dengan antusias mendatangi PMI untuk donor,” katanya.

Priyatin mengaku, 80 hingga 100 pendonor jika ada kegiatan donor darah.

Purwoto (46) salah satu pendonor mengungkapkan, jika lama tidak donor badan terasa sakit, Uluntuk itu dia rajin donor setiap tiga bulan sekali.

“Badan terasa enteng, gatal-gatal hilang, tidak gampang ngantuk, dan tidak pusing,” pungkas pria yang berprofesi supir dan rajin donor sejak 1998 ini. (mas)

Promo Toyota Fara

Komentar