oleh

Sejarah Handphone Sejak Pertama ‘Ditemukan’ Hingga Sekarang

-Artikel-39 views

Penulis: Endah Puspita Sari

Perkembangan telepon genggam atau yang disebut dengan nama handphone semakin berkembang pesat. Baik dari kalangan atas, menengah, bahkan kebawah menggunakan handphone .  Bahkan anak-anak sampai kakek nenek pun menggunakan alat ini. Sedangkan fungsi dari handphone itu sendiri adalah alat untuk komunikasi sebagai alat penerima suara dan pesan singkat (sms).

Sejarah dari handphone itu sendiri adalah seorang pekerja pabrik Motorola ditahun 1973 yang bernama Martin Cooper bersama timnya menemukan model pertama dari handphone adalah Dynatac. Yang bertujuan sebagai alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel. Banyak kesulitan-kesulitan yang dialami Martin Cooper bersama timnya selama mengerjakan penemuan ini.

Dan akhirnya mereka berhasil. Tidak hanya Martin Cooper saja yang berjasa dibidang komunikasi, tokoh lain adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918. Perkembangan telepon seluler tidak terlepas dari perkembangan radio.

Kemudian perkembangan-perkembangan telepon seluler itu sendiri bergulir dari generasi  ke genersi. Seperti generasi  O dengan penemuan modern yang ditemukan oleh insinyur-insinyur dari  Bell  Laps pada  tahun 1947. Yang kemudian berkembang pada tahun 1960 an. Generasi  1 sebut saja 1 G, merupakan telepon genggam sebenarnya. Generasi  2 atau 2 G muncul tahun  1990 an di Amerika dengan menggunakan teknologi CDMA.

Kemudian generasi  3 dengan nama 3 G di mana memungkinka para pengguna dengan jangkaun yang lebih luas termasuk internet, Selanjutnya generasi  4  sebutan kerennya  4 G dimana sistem ini menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur.

Di era milenial, generasi modern cenderung bergantung pada teknologi. Di zaman ini, bisa dikatakan seluruh bidang kehidupan berbasi online dan sangat tergantung pada teknologi dan jaringan internet.

Sebut saja, dunia  pendidikan, bisnis dan yang lainnya, semua berbasis online sekarang. Hal ini sangat membantu memudahkan pekerjaan kita, meskipun tetap harus waspada terhadap dampak negatifnya.

Saat ini, handphone  merupakan jendela kita untuk melihat dunia. Kita nggak perlu jauh –jauh dan merogoh kocek cukup dalam untuk ‘melancong’. Dengan internet kita bisa kemana saja, bahkan informasi-informasi penting bisa kita dapatkan dengan mudah. Namun demikian, kita sebagai orang tua wajib mendampingi  putra putri kita saat menggunakan internet, agar tak salah langkah. Juga supaya dunia tetap tersenyum kepada kita.

Promo Toyota Fara

Komentar