oleh

Ribuan Warga Banjiri Jalan Saksikan Karnaval Pawai Pembangunan Kota Pati

-Tak Berkategori-0 views

Pati, 5News.co.id– Ribuan warga masyarakat keluar rumah dan membanjiri jalan-jalan utama kota Pati hari ini. Petugas kepolisian tampak sibuk mengurai kemacetan di beberapa titik persimpangan jalan, akibat padatnya arus lalu lintas karena bertumpuknya kendaraan warga bercampur dengan peserta karnaval.

Baca Juga: Ratusan Warga Lorong Indah (LI) dan Kampung Baru (KB) Ikuti Peringatan HUT RI ke- 73

Karnaval pawai pembangunan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-73, yang dimulai pada Sabtu (18/8) sekitar pukul 13.00 WIB siang tadi, menetapkan Alun-Alun Simpang Lima Pati sebagai garis start. Karnaval pawai pembangunan yang diberi nama Festival Noto Projo Mbangun Deso itu diikuti oleh 156 peserta dari seluruh instansi pemerintah/swasta dan beberapa desa yang di tunjuk di Kabupaten Pati.

Wakil Bupati Pati, H Saiful Arifin dalam sambutannya pada acara pembukaan karnaval menyampaikan bahwa karnaval itu diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-73.

“Mewakili pemerintah Daerah Kab. Pati l, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta karnaval atas partisipasinya. Dari tahun ke tahun penyelenggaraan karnaval di Kab. Pati mengalami peningkatan. Hal ini sebagai bukti bahwa masyarakat Pati ikut berpartisipasi dalam membangun daerahnya,” ucapnya disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Saiful juga menambahkan bahwa selain memberikan hiburan kepada masyarakat, tujuan dari karnaval itu juga untuk merangsang pertumbuhan pembangunan di segala sektor.

“Kami selaku Pemerintah Daerah Kab. Pati akan selalu berupaya melayani kebutuhan hiburan kepada masyarakat yang bersifat positif seperti Karnaval Pembangunan yang diselenggarakan pada siang hari ini,” imbuhnya.

Baca Juga: Peduli Gempa Lombok, Warga Banjaran Bangsri Kumpulkan Donasi

Adapun jalur ataupun route yang dilewati dalam pawai pembangunan adalah : Start di Alun-alun Simpang Lima Pati-Jl. Pemuda-Taruna Motor ke kanan-Jl. Hos Coxro Aminoto-Perempatan Seleko ke kanan-Jl. Roro Mendut lurus-Jl. Kyai Pupus-Jl. Mr. Iskandar-Perempatan Kalianyar-Jl. Syeh Jangkung-Jl.Ronggo Warsito-SMP N 4 Pati ke kanan-Pertigaan Bakorwil ke utara-Jl. Kol. Sunandar-Simpang 4 Joyo Kusumo, Finish di Jl. Ahmad Yani SMA N 2 Pati.

Tampak warga berdesak-desakan dan memenuhi pinggiran jalan-jalan kota yang dilalui konvoi peserta karnaval. Mobil bak terbuka dan truk yang dihiasi berbagai corak tampak mengular panjang. Beberapa peserta malah menampilkan beberapa keterampilan khusus seperti menyanyi dan menari diatas mobil yang mengangkutnya. Sesekali warga mendekat ke mobil peserta karnaval dan berfoto selfie.

Turut hadir dalam karanaval pawai pembangunan tersebut, jajaran Forkopimda Kab. Pati, Wakil Bupati Pati H Saiful Arifin, Anggota DPR RI Komisi IX H Imam Suroso, Ketua FKPPI Kab Pati Nining Wahyuningati, Kadisporapar Sigit Hartoko, Setda Kab Pati Ir Suharyono, jajaran OPD Kab. Pati dan para tokoh agama dan masyarakat.(Sumber Pendim 0718/hsn)

Komentar