oleh

Peringati Hardiknas, Disdikbud Pati Gelar Jalan Santai

-Tak Berkategori-14 views

Pati, 5News

Rangkaian kegiatan mulai digelar dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional, salah satunya adalah Jalan Santai yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabipaten Pati, Sabtu (28/4) pagi kemarin. Di halaman kantor Disdikbud Pati.Tampak hadir bersama ratusan peserta jalan santai lainnya Bupati dan Wakil Bupati, Kepala Kantor Dinas Kementrian Agama Kabupaten Pati.

Suwarno S.Pd. SH. MM., Plt Kepala Dinas Kantor Pendidikan Dan Kebudayaan Kab. Pati, yang menjabat sejak 1 Maret 2018 mengatakan, bahwa rangakaian kegiatan sudah mulai dilaksanakan di berbagai instansi dan sekolah sejak beberapa hari lalu. “Hari ini banyak kegiatan di sekolah-sekolah, ada juga yang mengadakan jalan santai seperti ini, jadi yang hadir dan mengikuti kegiatan jalan santai di Disdikbud hari ini hanya sebagian dari guru2 TK, Kepala Sekolah SD dan SMP,” katanya.

Untuk memeriahkan kegiatan ini, pertunjukan musik organ tunggal ditempatkan di sebuah panggung kecil disisi timur halaman parkir. Disebelah utara panggung tampak beberapa sepeda gunung dan mesin cuci yang masih terbungkus rapi, serta tumpukan bingkisan dalam kemasan kado tertata rapi. Sementara di depan pintu masuk kantor, tampak beberapa meja dijejer dengan aneka makanan tradisional seperti ketela, ubi, kacang disiapkan dalam nampan bambu (tampah-red).

“Bingkisan-bingkisan itu disediakan oleh masyarakat sebagai doorprice yang nantinya akan diundi dan dibagikan kepada peserta sebagai bentuk partisipasi mereka dalam acara jalan santai ini. Beberapa bank yang selama ini menjadi mitra kerja kami juga berpartisipasi dan menyediakan doorprice, dalam even ini pihak bank juga diuntungkan karena partisipasi mereka akan dinilai sebagai sebuah nilai plus oleh nasabah yang notabene adalah para guru peserta jalan santai,” kata Suwarno menjelaskan.

“Sengaja kita sediakan makanan tradisonal yang dikemas dalam tampah (nampan bambu-red), untuk memberi contoh tentang makanan sehat dan kesederhanaan.Makanan tradisonal itu murah dan sehat karena bebas bahan kimia, dan pastinya tidak akan menguras isi kantong,” ujarnya.

“SD melalui Koordinator Wilayah (Korwil), SMP, SMA juga Kemenag yang membawahi sekolah madrasah dari MI, MTs dan MA sudah mulai menggelar kegiatan peringatan hardiknas dalam bentuk lomba siswa berprestasi, olahraga, jalan santai dan lain-lain. Puncak kegiatannya nanti pada tanggal 2 Mei dengan upacara di alun-alun Pati yang akan diikuti oleh seluruh pejabat teras kabupaten seperti Bupati dan Wakil Bupati, Kepala Kantor Dinas, Forkominda, serta perwakilan guru dari SD sampai SMA se kabupaten,” katanya.

“Saya berharap kepada seluruh unsur institusi pendidikan khususnya di kabupaten Pati, kepsek, guru, seluruh tenaga pendidik, dan seluruh murid agar selalu menjaga kedisiplinan dan meningkatkan etos kerja dan semangat belajar mengajar. Hardiknas setiap tahun diperingati agar kita tidak lupa dan mampu meneruskan semangat perjuangan para pendahulu dengan tujuan meningkatkan mutu dunia pendidikan Indonesia agar tidak kalah dengan pendidikan di luar negeri,” papar Suwarno menjelaskan.

“Bangsa kita harus menjadi bangsa yang mandiri dalam segala hal, dan dunia pendidikan sangat menentukan dalam hal ini. Saya ingin dunia pendidikan, khususnya di Pati bisa lebih maju secara kualitas. Kepada para siswa, saya berpesan agar belajar lebih tekun dan jangan terpengaruh hal-hal yg negatif dengan sikap selektif dalam pergaulan. Kepada para pendidik, saya tekankan untuk lebih memperhatikan pendidikan karakter siswa-siswinya agar generasi millenium ini, pada era 2045 nanti mampu menjadi generasi yg cemerlang, dan membawa bangsa kita kepuncak kejayaan dengan gemilang,” pesan Suwarno menutup.(hsn)

Promo Toyota Fara