oleh

Nilai Sikap C Tidak Lulus

-Utama-7 views

Pati, 5News

Standar minimal kelulusan siswa SD tahun ini, untuk penilaian sikap murid adalah B, untuk itu jika ada murid yang nilai sikapnya C, dinyatakan tidak lulus. Demikian penjelasan Irman SPd.I. Kepala Sekolah SDN Pati Kidul 01, Pati, saat ditemui di ruang tamu sekolah, Selasa (10/4) kemarin.

Mulai tanggal 16 April minggu depan, murid SD di seluruh kabupaten Pati akan mengikuti ujian praktek dan di susul dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Irman berharap orangtua dan wali murid SD Pati Kidul 01 Pati dapat menjaga putra putri mereka dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir. Terkait dengan standar minimal kelulusan untuk masing masing mata pelajaran pada UNBK, akan di sesuaikan dengan hasil try out siswa beberapa minggu lalu.

Untuk komposisi soal dalam UNBK nanti, Irman menjelaskan, komposisi soal Bahasa Indonesia adalah 40 pilihan ganda dan 5 soal uraian, untuk Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 uraian, sedangkan IPA, 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.

Walaupun masih akan dirapatkan dengan  pihak yang terkait, Kepsek menjabarkan bahwa SKL untuk mapel Bahasa Indonesia 4, Matematika 3 dan IPA 4. Kepsek yang mulai bertugas sejak 6 Maret lalu ini berharap tingkat kelulusan siswa SD Pati Kidul 01 Pati bisa 100%. Untuk itu Irman berharap siswa dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian praktek dan tertulis dengan baik.

Disamping itu, Kepsek juga menambahkan bahwa sebelum ujian dimulai, seluruh siswa akan diajak berdoa bersama, sesuai agama dan keyakinan masing2, agar mereka tenang dan memiliki kesiapan mental dalam menghadapi ujian nanti. Dia menghimbau kepada murid kelas 6 khususnya agar berhati-hati dalam mengerjakan soal ujian dan tidak terburu-buru agar dapat memperoleh nilai yang memuaskan. (hsn)