Mimisan Pada Anak

0

Mimisan (epistaxis) adalah keluarnya darah segar pada hidung. Apa penyebab tersering mimisan pada anak?

1. Infeksi hidung (rhinitis, sinusitis)
2. Selaput lendir yang kering pada hidung sehingga mudah menjadi cedera , misalnya cuaca yang ekstrim panas atau dingin
3. Trauma misalnya mengorek hidung, terbentur
4. Infeksi sistemik misal demam berdarah
5. Kelainan darah misal trombositopeni, lekemia, teleangektasis
6. Kelelahan

Sekitar 90% kasus mimisan pada anak tergolong ringan, dan dapat diatasi sendiri di rumah. Jadi, begitu anak mimisan, lakukanlah segera tindakan berikut:

1. Minta anak duduk bersandar dengan kepala sedikit menunduk ke depan, agar darah tidak mengalir ke bagian belakang sehingga kita bisa mengevaluasi jumlah perdarahan, darah yg tertelan juga merangsang batuk dan mual. Atau bila lemah bisa dalam posisi tidur dengan beralas bantal tinggi.

2. Bersihkan darah pada hidung sebisa mungkin dengan cara membuang ingus/ sisi. Darah yg masih menggumpal akan menghambat proses pembekuan darah.

3. Jepit kedua cuping hidung dengan jari tangan selama sekitar 5 menit. Sementara itu mintalah anak untuk bernapas melalui mulut. Tindakan ini memerlukan kooperatif anak.

4. Kompres dingin pada batang hidung juga bisa membantu menghentikan perdarahan.

6. Bila perdarahan belum juga berhenti, sumbat hidungnya dengan kain kasa atau sapu tangan yang bersih, lalu bawa anak segera ke dokter.

Orang tua harus tetap bersikap tenang, sehingga akan menjaga untuk tetap bertindak secara rasional. Apabila setelah 10 menit perdarahan masih berlanjut, dan disertai panas, sebaiknya segera bawa anak ke dokter.
Dokter akan mencari sumber perdarahan dengan bantuan alat pengisap untuk membersihkan hidung dari bekuan darah. Kemudian, hidung ‘disumbat’ tampon khusus untuk hidung selama 3-5 menit. Dengan cara ini dapat diketahui apakah sumber perdarahan dari depan atau belakang rongga hidung. Pada kasus-kasus tertentu diperlukan pemeriksaan laboratorium, endoskopi hidung dan/atau radiologi.

Semoga bermanfaat …

Konsultasikan masalah kesehatan anda,dengan mengirim email kepada kami

[contact-form-7 id=”2336″ title=”KONTER (Konsultasi Kesehatan)”]