oleh

Mayoritas Warga Okinawa Protes Pangkalan Serdadu AS di Daerahnya

Jepang – 5news.co.id – Berdasarkan referendum pada Minggu (24/2), mayoritas warga Okinawa menuntut agar pangkalan militer AS di wilayah mereka ditutup, bukan hanya sekedar berpindah tempat.  

Sebanyak 72 persen warga menentang  pemindahan karena meminta tidak ada pangkalan AS lagi. Meski hasil referendum ini sendiri bersifat tidak mengikat bagi pemerintah Jepang.

“Kami sudah  20 tahun berbicara dengan warga terkait masalah ini. Dialog ini akan terus berlanjut sampai kesepahaman bisa terwujud. Pemerintah pusat bertanggung jawab untuk mengurangi beban keberadan pangkalan militer AS atas Okinawa,”terang  PM Jepang Shinzo Abe pada hari Senin (25/2)

Warga Okinawa protes karena daerahnya harus menampung lebih dari setengah serdadu AS yang berjumlah 47 ribu di Jepang. Di samping keberadaan para serdadu Paman Sam ini kerap menimbulkan masalah sosial di Okinawa.

Warga menuntut agar pangkalan tersebut dibawa keluar dari Okinawa. Dan berharap semua kawasan di Jepang ikut bertanggung jawab menampung para serdadu AS itu. (mas)

Komentar