oleh

Manasik Haji di Hotel Pati

-Utama-10 views

Pati, 5News

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji
Al Muflihun Hidayatur Rosyidin, di bawah pimpinan Drs. H Abdullah Zen MM, yang berdiri sejak 1996 ini, menggelar manasik haji bagi 30 calon jamaahnya di Hotel Pati, Senin (9/4) lalu.

Ditemui di Hotel Pati, Senin (9/4) jam 19.00 Wib lalu, Abdullah memberi pembekalan kepada calon jamaah haji asal Kecamatan Margorejo, sekaligus menggelar program manasik. Perusahaan yang berencana untuk mengembangkan sayap dengan membuka cabang di Pati ini bertujuan membagi ilmu, bukan profit semata, supaya ilmu yg dimilikinya menjadi amal jariyah.

Banyaknya biro travel umroh haji yang menurutnya tidak sesuai aturan dan maraknya kasus penipuan belakangan ini, disebabkan karena hanya berorientasi pada profit dan mengesampingkan sisi ibadahnya.
Sebagai seorang muslim Abdullah merasa prihatin dan malu.

“Kasus ini mencoreng muslimin dan memberi citra buruk kepada ajaran Islam.” ujarnya.

“Alhamdulillah, jamaah yang insya Allah berangkat pada musim haji tahun ini, telah mengikuti tes kesehatan di RSUD Soewondo, pagi tadi,” tambah Abdullah.

KBIH Al Muflihun selalu membimbing jamaahnya agar mampu menjadi haji mandiri, maksudnya jamaah haji tidak selalu bergantung pada pemandunya. Untuk itu, Abdullah berupaya untuk memberi pembekalan kepada jamaahnya, baik dari segi prosesi ibadah maupun aspek-aspek lain yang dibutuhkan jamaah haji di tanah suci.

Hal yang perlu ditekankan dalam pembekalan adalah pengetahuan, pemahaman dan pelaksanaan. Pembekalan pengetahuan diberikan tidak hanya dalam program manasik saja, tapi juga dalam forum pengajian, agar calon jamaah haji memahami dan mampu melaksanakan ibadah haji secara mandiri, baik dipandu maupun tidak.

Dengan pemahaman akan prosesi ibadah haji yang cukup, saat ditanah suci jamaah haji akan terhindar dari kesalahan dalam melaksanakan ibadahnya, dengan begitu pembayaran fidyah (denda-red) bisa dihindari.

Abdullah juga memuji Presiden Joko Widodo dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang menurutnya sangat memperhatikan kesehatan, tempat dan konsumsi bagi jamaah haji asal Indonesia selama mereka berada di tanah suci. Abdullah juga berharap jamaah haji Indonesia dapat menunaikan ibadah haji pada tahun ini dengan lancar.(ar)