oleh

Lahan Tebu Siap Panen Nyaris Ludes Terbakar

-Utama-4 views

Margorejo, 5News

Ladang tebu milik Sumadi, warga Gembong, yang terletak di Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo, Pati nyaris terbakar habis, Rabu (16/5) siang kemarin.

Baca Juga: Bantu Masak Tetangga, Rumah Ludes Terbakar

Kapolsek Margorejo AKP Harry Marcell menjelaskan, “5 orang pekerja lahan tebu di sebelah ladang milik Sumadi yang sudah selesai panen, bermaksud membakar slamer (daun tebu kering-red), kira-kira 10 menit kemudian angin kencang bertiup sehingga slamer yang sudah terbakar itu berhampuran kearah tanaman tebu di lahan milik Sumadi yang letaknya bersebelahan,”.

“Spontan lahan tebu siap panen milik Sumadi seluas 4000 m2 itu terbakar hingga kurang lebih 50 m2, 4 KBM Damkar datang ke lokasi setelah dihubungi Sumadi, 45 menit kemudian api dilahan tanaman tebu berhasil dipadamkan hingga tidak sampai merembet ke perumahan Rendole Rt.7/1 Desa Muktiharjo yang kebetulan dekat dengan lahan tebu,” ujarnya.

Kapolsek menghimbau kepada petani tebu, “Jangan membakar slamer di siang hari, kalau bisa di pagi hari yang tidak banyak angin. Sebelum dibakar, slamer atau daun tebu kering itu dikumpulkan ketengah, supaya tidak merembet ketanaman orang lain. Saat cuaca banyak angin jangan dipaksakan untuk membakar, akibatnya bisa fatal membakar tanaman tebu atau rumah orang lain,”.

Tidak ada korban jiwa dilaporkan dalam kejadian tersebut, kerugian materiil lahan akibat tanaman tebu yang terbakar, ditaksir sebesar kurang lebih lima juta rupiah.(hsn)