oleh

KPU Tetapkan Jokowi-Ma’ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Foto: ANTARA

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menetapkan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih sesuai hasil rapat pleno yang digelar KPU, Minggu (30/6/2019), di kantor KPU, jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Sidang pleno terbuka KPU tersebut dihadiri oleh Jokowi-Ma’ruf beserta Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja. Mewakili kubu Prabowo-Sandi hadir anggota Direktorat Hukum BPN Prabowo, Habiburokhman.

Baca Juga:

Dalam sidang pleno yang digelar tiga hari setelah hasil putusan MK itu, Komisoner KPU Evi Novilda Ginting membacakan Berita Acara Nomor 152/PL.01.9-BA/06/KPU/VI/2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Presdien dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilu 2019.

“Menetapkan pasangan calon nomor urut 1 saudara Haji Joko Widodo dan Prof Dr KH Ma’ruf Amin dengan perolehan suara sebanyak 85.607.362 suara atau 55,50% dari total suara sah nasional sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024,” kata Evi, seperti dikutip Detik.com, Minggu (30/6).

Keputusan KPU ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Rencananya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang. Dengan keputusan ini, dipastikan Jokowi akan menjabat sebagai presiden untuk yang kedua kalinya.

Usai dibacakan, surat putusan KPU diserahkan kepada seluruh partai politik serta pimpinan lembaga. Habiburokhman kemudian dipersilakan maju mewakili Prabowo. Wakil kubu Prabowo-Sandi itu sempat menyalami Jokowi yang ditetapkan sebagai presiden terpilih, diiringi tepuk tangan hadirin.

Dalam sambutannya,  Jokowi menyampaikan terima kasih kepada rakyat yang telah mempercayainya untuk melanjutkan pembangunan Indonesia. Dia sadar bahwa membangun negara tidak bisa dilakukan oleh satu orang, dua orang, atau kelompok tertentu. Presiden terpilih itu mengajak Prabowo-Sandi untuk bersama-sama membangun negara. Dia bahkan menyebut Prabowo-Sandi sebagai patriot.

“Saya mengajak Pak Prabowo Subianto dan Pak Sandiaga Uno untuk bersama-sama membangun negara ini,” kata Jokowi

“Saya yakin beliau berdua adalah patriot yang menginginkan negara kita makin kuat, maju, adil, dan makmur,” ujar Presiden RI Jokowi.(hsn)

Promo Toyota Fara

Komentar