Kenalkan Tertib Lalu Lintas Sejak Dini Polres Jepara Gelar Lomba Pocil

1

Jepara – 5News.co.id – Satlantas Polres Jepara berkomitmen mengenalkan  tertib berlalu lintas sejak dini, salah satunya dengan mengadakan lomba Polisi Cilik (Pocil)  Kapolres Cup 2018 tingkat SD/MI sekabupaten Jepara di Gedung Wanita Jepara,  pada Selasa (27/11).

“Polres Jepara ingin melatih mental, kreatifitas dan menanamkan tertib berlalu lintas sejak usia dini, untuk itulah diadakan pelatihan polisi cilik sejak usia Sekolah Dasar, ” kata Kasat Lantas Polres Jepara, AKP I Putu Bagus Krisna Purnama, SIK.

Dalam lomba Pocil juga dikenalkan tentang rambu lalu lintas, lanjutnya,  selain itu baris berbaris, cara pengaturan lalu lintas dan lain- lain.

“Seni dan kreasi tiap peserta juga menjadi penilaian tersendiri, sebagai wujud Polantas Promoter melalui implementasi road safety menuju zero accident” lanjutnya.

Pemenang lomba akan mewakili kabupaten Jepara dalam Lomba Pocil di Polda  Semarang.

Usia Sekolah Dasar menjadi sasaran strategis untuk mengenalkan institusi kepolisian dan tertib berlalu lintas, lanjut polisi asal Bali ini.

“Untuk itu semasa Kapolres AKBP Bakaruddin, Kapolres Jepara tahun 2012 yang sekarang sudah Kombes dan menjabat Dirlantas Polda Jateng, Polres Jepara mengadakan pembinaan polisi cilik (pocil) di 17 Sekolah Dasar  dan mengadakan lomba Pocil setiap tahun,” ungkapnya.

Menurutnya, lomba kali ini diikuti semua kecamatan di kabupaten Jepara, kecuali kecamatan Karimun.

Tiga puluh Pocil dilatih selama kurang lebih  dua bulan dengan melibatkan Polsek,  sekolahan dan Babinkamtibmas, ungkapnya.

Putu Krisna mengungkapkan, bahwa mengenalkan tertib berlalu lintas sejak dini mampu menurunkan lakalantas di Jepara.

Selain Lomba Pocil, siang itu Polres Jepara juga melauncing Kampung tertib lalu lintas di Perum Kuwasharjo, RT 10/2 Kuwasharjo Jepara.

“Sebuah kampung percontohan bagi masyarakat dengan program pemasanagn rambu lalu lintas, marka jalan dan melakukan arahan kepada warga agar tertib lalu lintas, memakai helm dan memiliki SIM.” pungkasnya. (Mas)

One Comment