oleh

Kapuas Meluap, Dua Desa Terendam

-Utama-11 views

Putussibau, 5News

Meluapnya sungai Kapuas, Minggu (27/5) malam kemarin, mengakibatkan dua desa di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, saat ini terendam banjir dan sejumlah permukiman penduduk di daerah itu tergenang air dengan ketinggian air rata – rata satu hingga dua meter.

Baca Juga: BMKG: Banjir Rob Diperkirakan Sampai Pekan Depan

Demikian dinyatakan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kapuas Hulu, Rupinus kepada wartwawan, Senin (28/5).

“Sejak semalam air sudah menggenangi Desa Riyam Piyang Kecamatan Bunut Hulu dan Desa Sriwangi Kecamatan Boyan Tanjung, dan merendam sejumlah permukiman warga,” katanya.

“Tim khusus Bidang Penaggulangan Bencana dan Linmas akan kami turunkan ke lapangan,” imbuhnya.

Baca Juga: Di SPBU Pontianak, Ngaji Satu Juz Berhadiah Dua Liter Pertalite

“Menurut laporan, selain kedua desa tersebut, namun sejumlah titik di jalan Lintas Selatan juga terendam banjir, akhir – akhir ini memang curah hujan cukup tinggi, hal tersebut mengakibatkan sejumlah sungai meluap,” jelas Rupinus.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang terkena banjir untuk segera mengungsikan diri ke tempat yang lebih aman dan masyarakat tidak panik menghadapi bencana tersebut.

“Seluruh camat dan kepala desa hendaknya tetap memonitor kondisi banjir di daerah masing – masing, apabila ada perkembangan harap segera melapor kepada Bidang penanggulangan Bencana,” pesan Rupinus menutup.(ma)