oleh

Kapolda Jabar: Kalau Bajaj dan Metromini Sudah Melintas, Arus Mudik Selesai

-Utama-5 views

Kadipaten, 5News.co.id – Kapolda Jawa Barat, Irjen Polisi Agung Budi Marwoto saat memantau pos pengamanan lebaran di Tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (12/6) siang tadi, menyatakan bahwa  sampai dengan H-3 lebaran puncak arus mudik sudah terlewati dan diperkirakan hingga H-3 lebaran ini, 75% pemudik telah melintas dijalur selatan Jawa Barat.

Baca Juga: Mudik, Fenomena Unik

Kapolda mengatakan, bahwa sisanya, yaitu 25 persen pemudik kemungkinan akan melintas di jalur selatan Jawa Barat secara bertahap hingga hari H lebaran. Kapolda juga menambahkan arus pemudik dianggap sudah selesai ketika kendaraan bajaj atau metro mini sudah melintas.

“Tanda pemudik sudah berakhir itu kalau kendaraan bajaj atau metro mini sudah melintas. Sekarang kan belum ada bajaj dan metro mini lewat, jadinya masih terus berlangsung” selorohnya.

 

Baca Juga: Pemkab Gunungkidul: Laporkan ASN Yang Mudik Menggunakan Kendaraan Dinas

Menurut Kapolda, sampai dengan H-3 lebaran ini,pemudik yang saat ini melintas adalah pemudik yang berkesempatan mudik agak akhir. Selanjutnya, pada H-2 lebaran, H-1 dan seterusnya, pemudik yang melintas tetap ada, walaupun jumlahnya tidak terlalu signifikan.

Menurut Kapolda, di Jakarta tradisi mudik setelah takbiran dan sholat Ied masih ada, oleh karenanya dia mengingatkan petugasnya untuk tetap siaga untuk mengawasi dan membantu pemudik. Sebab keselamatan pemudik sampai tiba di kampung halaman adalah prioritas kepolisian.(ma)