oleh

Jelang Tahun Ajaran Baru, Ini 3 Jalur Daftar SMP Negeri di Pati

-Berita, Daerah, Pati-155 views

Pati, 5News.co.id,- Tahun ajaran baru akan segera dibuka, saat ini pihak sekolah sedang berbenah menyambut calon siswa baru. Namun demikian, banyak orang tua yang belum memahami aturan dan cara mendaftar, terutama dari jenjang Sekolah Dasar (SD) ke jenjang pendidikan berikutnya, Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Seksi Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 SMP 3 Pati, Kuslan S.Pd menjelaskan bahwa pendaftaran siswa baru tahun 2019 ini menggunakan 3 sistem atau jalur.

“Sistem atau jalur pertama adalah sistem zonasi yang akan digunakan untuk menerima peserta didik hingga 90%. Yang kedua adalah sistem prestasi dengan kuota sebesar 5%. Yang terakhir adalah jalur mutasi dengan porsi 5%,” terang Kuslan, saat ditemui di kantornya di SMP 3 Pati, Rabu (15/5/2019) siang.

Pria yang mengajar sejak tahun 1988 itu menjabarkan, sistem zonasi berlaku bagi seluruh desa yang berada di dalam wilayah sebuah kecamatan. Meskipun demikian, jarak antara tempat tinggal atau domisili calon siswa dengan sekolah juga menjadi pertimbangan.

“Selama domisili calon siswa di lingkup Kecamatan Pati, dari desa manapun, bisa mendaftar di semua SMP negeri di Pati,” imbuhnya.

Guru Bimbingan Konseling (BK) SMP 3 Pati itu menambahkan, pada tahun ajaran ini, setiap siswa diberi kesempatan untuk mendaftar di 2 sekolah.

Hal lain yang yang harus diperhatikan, kata dia, adalah waktu registrasi siswa. Karena yang registrasi lebih awal akan diprioritaskan.

“Pendaftaran di SMP 3 Pati dan semua SMP negeri se-Kabupaten Pati akan dibuka pada tanggal 20, 21 dan 22 Mei 2019, minggu depan,” pungkasnya.(hsn)

Komentar