Habib Lutfi bin Yahya : Walaupun Sehelai Rumput Kering Harus Kita Jaga

0

Habib Lutfi bin Yahya di Polres Pati

Pati, 5News.co.id,- Habib Lutfi bin Yahya mengatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dijaga, walaupun itu sehelai rumput yang tumbuh di dalamnya. Pesan itu disampaikan dalam acara Silaturahmi Akbar yang diselenggarakan oleh Polres Pati,pada Selasa (9/10) malam lalu.

Baca juga: Lautan Manusia Banjiri Acara Silaturahmi Akbar di Polres Pati

Dalam acara yang digelar oleh Polres Pati dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila itu, Habib Lutfi menjelaskan bahwa cinta tanah air berarti juga kesadaran untuk menjaga apa-apa yang ada di dalamnya.

“Pancasila sebagai dasar negara wajib kita jaga, karena ada di Indonesia” kata beliau.

Menurut Habib Lutfi, Pancasila sebagai dasar negara lahir dan dijaga oleh darah para syuhada, yaitu para pahlawan bangsa. Oleh karenanya, sebagai penghormatan dan penghargaan kepada jasa dan pengorbanan kepada para syuhada, Pancasila wajib dijaga dan diamalkan.

“Setiap jengkal tanah dan air, yang basah maupun yang kering, selama masih di dalam negara kita, wajib kita jaga” pesan Habib Lutfi di hadapan ribuan massa yang hadir dalam acara itu.

Habib Lutfi menuturkan bahwa syahadat sebagai rukun Islam yang pertama,adalah perwujudan dari sila pertama Pancasila. Tauhid sebagai kesadaran bahwa Tuhan itu satu, juga cerminan dari sila pertama. Keempat sila berikutnya, sila kedua sampai kelima, merupakan buah dari ketuhanan itu sendiri.

Baca juga: Kutipan Isi Pengajian Ramadhan Habib Luthfi Bin Yahya

Manusia ber-Tuhan akan memiliki rasa kemanusiaan dan peri keadilan yang tinggi. Buah dari mengenal Tuhan akan memantulkan cahaya dalam sanubari manusia. Ketika cahaya-cahaya yang ada dalam setiap putra bangsa menyatu, cahaya itu akan memancar dan membentengi NKRI dari rongrongan dan ancaman kelompok-kelompok yang tidak ber-Ketuhanan.

“Ini yang dinamakan dengan Kesaktian Pancasila,” tandasnya.

Selain itu,Habib Lutfi juga berpesan agar putra-putri bumi pertiwi merasa bangga akan identitasnya sebagai bangsa Indonesia. Kebanggaan akan identitas bangsa itu akan membuahkan rasa nasionalisme. Nasionalisme yang melekat pada hati sanubari putra-putri bangsa ini, akan melahirkan penjagaan atas NKRI dan semua hal yang ada di dalamnya. Habib Lutfi menjelaskan bahwa inilah yang dimaksud dengan ‘hubbul wathon minal iman’.

“Walaupun itu sehelai rumput kering yang ada di negara ini, harus kita jaga,” tutur beliau menegaskan.(hsn)