oleh

Gus Mus : Yen Siro Landep Ojo Natoni

-Utama-0 views

Kudus, 5News.co.id

KH. A. Musthofa Bisri (Gus Mus) membacakan cerpen ciptaannya Gus Jakfar di hadapan para santri yang memenuhi acara bertema Jagong Gusjigang, di masjid Al Aqsa, Menara Kudus, Kamis, 5 April 2018, malam lalu.

Dalam narasinya, Gus Mus mengingatkan kembali ajaran Jakfar Shodiq atau Sunan Kudus, yaitu : “Yen sira landep aja natoni, yen sira banter aja nglancangi, yen sira mandi aja mateni (Jika engkau tajam jangan menyakiti, jika engkau cepat jangan mendahului, jika engkau sakti jangan membunuh).” demikian papar Gus Mus, pengasuh Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Rembang ini.

“Sebagai Kiai, apakah kau berani menjamin amalmu pasti akan mengantarkanmu ke surga kelak? Atau kau berani mengatakan bahwa orang-orang di warung, yang kau pandang sebelah mata pasti akan masuk neraka?. Kita berbuat baik karena kita ingin dipandang baik olehNya. Kita ingin berdekat-dekat denganNya, tapi kita tidak berhak menuntut balas kebaikan kita.” ujar Gus Mus.

Masjid warisan Sunan Kudus itu, kini menginjak umur 469 tahun, setelah didirikan pada Selasa Legi 19 Rajab 956 Hijriyah atau 23 Agustus 1549 Masehi. Umur masjid tersebut diketahui dari sebuah prasasti yang terpasang diatas mihrab. Hal ini diungkapkan oleh KH. Saifudin Luthfi, yang biasa dipanggil Mbah Ipud, saat tampil pada acara malam itu. (hsn)