oleh

Dua Negara Berkomitmen Mewujudkan Kemerdekaan Palestina; Indonesia dan Iran

 Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Indonesia dan Iran tetap berkomitmen memperjuangkan kemerdekaan Palestina, ungkap Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlamen DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf usai menerima kunjungan Duta Besar Iran Valiolah Mohammadi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (24/06/2019).  

“Kedua negara berkomitmen mewujudkan kemerdekaan Palestina. Bukan karena mereka itu muslim, tapi karena mereka diperlakukan tanpa pemberlakukan hak asasi manusia,” katanya  seperti dirilis laman resmi dpr.go.id.

Dubes Iran berkunjung ke Senayan sekaligus berpamitan karena tugasnya di Indonesia segera berakhir. Nuharyati berharap hubungan baik Indonesia-Iran tetap berlanjut dengan Dubes penggantinya nanti.

“Ia mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang selama ini dilakukan serta hubungan baiknya antara Parlemen Iran dan Indonesia,” katanya.

Selama ini, katanya, Indonesia dan Iran bersepakat bahwa di Palestina terjadi pelanggaran hak asasi manusia begitu massif,  sehingga harus menjadi perhatian forum-forum internasional.

“Di forum-forum internasional saya selalu sampaikan, ketika kita menolong orang tidak perlu kita menanyakan apa agamanya,” kata Nurhayati.

Selama ini, Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marudi selama juga ini aktif menyuarakan hak bangsa Palestina. Sebagai bukti partisifasi aktif Indonesia di forum internasional sebagaimana amanah undang-undang dasar 45.

Seperti pada Mei silam, selama sebulan Indonesia memimpin sidang Dewan Keamana PBB. Diantara isu yang diangkat mengenai Palestina terutama menyoal pemukiman ilegal Israel yang terus menggerus tanah milik bangsa Palestina.

Indonesia mengajak peserta forum unduk segera mendesak dan mengecam pembangunan pemukiman illegal itu, dan diamini mayorias peserta sidang. Kecuali utusan Amerika. (mas)

Promo Toyota Fara

Komentar