oleh

Dewan Pers Menyatakan “Tim Mawar” Majalah Tempo Merupakan Jurnalistik Investigasi

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Menurut Anggota Dewan Pers, Henry Chairudin Bangun, kesimpulan sementara pihaknya atas pemberitaan di Majalah Tempo terkait kerusuhan di beberapa titik di Jakarta pada 21-22 Mei 2019, merupakan produk jurnalistik investigasi.

“Kesimpulan sementara kami, itu produk jurnalistik investigasi yang sesuai dengan azas investigasi,” katanya di Gedung Dewan Pers Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Kesimpulan sementara itu hasil klarifikasi antara terlapor dari tim redaksi perusahaan media Tempo serta pelapor atas nama Mayjen TNI (Purn) Chairawan, yang juga Mantan Komandan Tim Mawar.

Dewan Pers menitikberatkan pada pencantuman nama Tim Mawar, yang juga disepakati kedua belah pihak.

Seperti di sampul majalah “Tim Mawar dan Rusuh Sarinah”, artikel berjudul “Bau Mawar di Jalan Thamrin”, dan judul artikel “Tim Mawar Selalu Dikaitkan Dengan Kerusuhan”.

Dalam peremuan itu ada kesepakatan yang tidak bisa diputuskan oleh kelompok kerja pengaduan dan harus diputuskan melalui pleno dari sembilan anggota Dewan Pers.

“Adanya permintaan dari pelapor agar Dewan Pers menandatangani surat pernyataan untuk membawa masalah itu ke ranah pidana di kepolisian,” lanjut Chairudin.

Dewan Pers tidak memiliki wewenang untuk menangani persoalan pidana, lanjutnya. Dewan Pers akan bekerja pada ranah kode etik jurnalistik seperti yang telah ditempuh oleh terlapor. (mas)

Promo Toyota Fara

Komentar