oleh

Dampak Instagramable, Facebook Ditinggalkan 20% Penggunanya

-Utama-4 views

5News.co.id – Lembaga riset pasar Pew merilis hasil surveinya yang dilakukan pada periode 7 Maret hingga 10 April 2018 lalu, dengan hasil yang mengejutkan. Sebagaimana dirilis oleh TechCrunch, Sabtu (2/6) lalu, responden survei Pew lebih memilih media sosial yang lebih visual ketimbang Facebook.

Sekitar 95 persen remaja Amerika Serikat yang menjadi responden survei Pew, dari tingkat usia 13 hingga 17 tahun mengatakan sudah memiliki akses kesmartphone. 5 persen sisanya, mengatakan menggunakan laptop dan komputer desktop untuk mengakses media sosial.

Baca Juga: Kocak, Menu Makanan Instagrammable

Pada hasil survei tahun 2015, remaja setempat mengggandrungi Facebook, kini mereka memilih alternatif yang lebih visual, yakni Instagram, YouTube dan Snapchat, dengan penurunan tingkat pengguna Facebook mencapai 20 persen, dari 71 persen pengguna Facebook pada tahun 2015, menjadi 51 persen saja dalam rentang waktu 3 tahun.

Menurut Pew, salah satu faktor yang mendorong penurunan tingkat pengguna Facebook dalam surveinya itu adalah tingkat kehadiran smartphone dalam kehidupan pengguna yang kekuatan dan pengaruh meningkat pesat.

Dalam survei itu, sebagai media sosial alternatif pengganti Faebook yang diminati adalah YouTube yang menduduki peringkat pertama. Peringkat kedua adalah Instagram, yang dianggap responden lebih ‘visual’ dibandingkan Facebook. Snapchat menduduki peringkat ketiga dalam survei itu.(sumber Kompas.com/hsn)