Camat Trangkil Resmikan Kantin Sehat

0

Kantin-Sehat-Kec-Trangkil

Pati, 5News.co.id – Camat Trangkil resmikan Kantin Sehat yang berlokasi di lingkungan kantor kecamatan. Melalui Kantin Sehat itu, diharapkan akan membawa dampak positif pada peningkatan pelayanan publik, khususnya di kantor Kec. Trangkil, Kabupaten Pati. Demikian dinyatakan Camat Trangkil Drs. Sugiyono MM usai acara peresmian Kantin Sehat Menuju Trangkil Sejahtera, yang dihadiri oleh jajaran pegawai kecamatan dan pimpinan Pabrik Gula (PG) Trangkil Ir. Endro Pramono beserta jajaran serta mahasiswa Undip pada Rabu (4/7) siang kemarin.

Baca Juga: Yayasan Shiddiqiyyah Bedah Rumah Warga Desa Tegalharjo, Trangkil Pati

“Mudah-mudahan kantin sehat ini membawa dampak positif terutama bagi jajaran pegawai Kecamatan Trangkil, karena sekarang tidak perlu lagi keluar lingkungan kantor untuk sarapan, makan siang atau sekedar ngopi. Kita lebih optimal dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, karena adanya kantin ini akan mempersingkat waktu istirahat,” papar Sugiyono.

Sugiyono mengatakan bahwa dirinya memandang perlu adanya kantin sehat di lingkungan kantor kecamatan. Menurutnya, sejak menjabat di kantor Kec. Trangkil 4 bulan lalu, jauhnya jarak warung makan dengan kantornya sering berakibat pada lambannya pelayanan masyarakat itu, karena itu pihaknya mengupayakan terwujudnya sebuah Kantin Sehat di lingkungan kantor kecamatan yang dipimpinnya.

Baca Juga: 400 Sertifikat PRONA Periode Pertama Dibagikan

“Sebelum ada kantin, pegawai kecamatan yang mau makan siang harus keluar kantor, jaraknya juga lumayan jauh. Belum lagi kalau warungnya kurang bersih, jadi sakit, kan pekerjaannya terhambat,” ujarnya.

Sugiyono mempercayakan pengelolaan makanan dan minuman kepada dua orang warganya yang telah berpengalaman 15 tahun dalam mengolah masakan sebagai ibu kantin. Menurut Sugiyono, kerjasama ini disepakati dengan syarat higienis dan harga yang terjangkau. Hal ini ditujukan agar kualitas masakan yang ada di Kantin Sehat kantor Kec. Trangkil memenuhi standar pangan yang aman, sehat dan higienis.

Baca Juga: Dirazia Satpol PP, Pasangan Tidak Resmi Sembunyi Di Plafon

Dalam kesempatan itu, Sugiyono juga mengapresiasi partisipasi Pabrik Gula (PG) Trangkil dan mengungkapkan rasa terima kasihnya. Sugiyono mengatakan hampir seluruh bahan bangunan dan fasilitas pendukung yang diperlukan merupakan bantuan dari pihak pabrik.

“Kita mendapat bantuan dari PG Trangkil berupa galvalum bekas, besi bekas, kursi bekas dan lain-lain yang tidak digunakan di pabrik. Malah akhirnya bata dan semen juga disupport oleh PG Trangkil. Sampai cat juga,” ujarnya.

“Sayangnya tidak ada cat bekas, jadi harus beli baru,” candanya sambil tersenyum.

Baca Juga: Bunda PAUD Kecamatan Pati: Program Parenting Adalah Solusi

Selain program kantin sehat, dicanangkan juga program Jumat Bersih berupa kerja bakti bersama di seluruh lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kec. Trangkil, yang waktunya ditentukan berdasarkan surat edaran. Lebih lanjut, Sugiyono juga mengatakan bahwa pihaknya ingin merealisasikan sebuah tempat ibadah berupa mushola di lingkungan kantornya, mengingat yang ada selama ini sangat kecil sehingga terlalu sempit untuk sholat berjamaah.

Sugiyono berharap, terwujudnya lingkungan Kec. Trangkil yang rapi, tertib dan indah, membawa dampak positif bagi jajaran pegawai kecamatan dan masyarakat pada umumnya serta menjadi pilot project bagi 16 desa yang ada di wilayahnya.

Baca Juga: Polres Pati Bedah Rumah Warga Kurang Mampu

Sementara itu, pengelola Kantin Sehat, Sri Yuliati dan Sri Puji Lestari, menyatakan rasa terima kasih dan penghargaannya kepada Camat Trangkil yang mempercayakan pengelolaan kantin kepada mereka. Kedua ibu kantin itu merasa terbantu dengan adanya Kantin Sehat tersebut.

“Kalau jualan disini hasilnya sudah pasti, kan beda dengan jualan di rumah makan diluaran,” kata Yuliati.

“Selama ini kita jualan di rumah makan di lokasi emplacement PG Trangkil, kadang ramai, kadang sepi, gak tentu,” imbuh Puji.

“Setiap hari hari menu masakannya ganti, kecuali jangan bening (sayur bayam-red),” ujar Puji.

Baca Juga: Mengurus Ijin PIRT Mudah Dan Cepat

Kedua ibu kantin itu bersyukur dan berharap agar Kantin Sehat kantor Kec. Trangkil yang dikelolanya berjalan lancar, serta berjanji untuk menjaga kebersihan dan kesehatan masakan yang disajikan di kantin itu.

“Mugi berkah mas,” pungkasnya penuh harap.(@khu/hsn)