oleh

Cak Nanto: Muhammadiyah itu Independen, Jangan Dicampur Politik

-Utama-10 views

Yogyakarta5News.co.id – Sunanto resmi menjadi ketua umum Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022, setelah memenangkan suara terbanyak dalam pemilihan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tadi malam, Rabu (28/11).

590 suara diraup Sunanto mengalahkan kandidat lain, yakni Ahmad Fanani sebanyak 266 suara dan Ahmad Labib 292 suara.

Dalam pemaparan visi misi, pemenang  asal Madura itu mengungkapkan bahwa sejak awal Muhammadiyah sudah punya khittah dan independen, jangan dicampur aduk dengan kepentingan politik.

“Muhammadiyah sudah punya khittah, tidak bisa dicampuradukkan. Pribadi boleh masuk dalam partai politik tapi tidak boleh dimasukkan dalam organisasi,” katanya.

Disamping itu, menurut ‘Cak Nanto’ memasuki tahun politik diperlukan ketegasan dalam kemandirian organisasi lepas dari kepentingan partai.

“Saya ingatkan, cita-cita luhur Muhammadiyah yaitu berjuang untuk kemaslahatan umat dan bangsa. Muhammadiyah memberi kebebasan untuk berpolitik, namun dalam kapasitas personal bukan secara institusi,” tegasnya.

Cak Nanto mengaku sudah 10 tahun di dunia kepemiluan dan menjaga sikap  independen. Selama ini bekerja di dunia kepemiluan, dan sekarang menjabat sebagai Kornas JPPR.

“Dan saya tidak mau mengorbankan proses yang panjang ini dengan suatu gerakan dukung mendukung,” lanjutnya.

Cak Nanto berharao, di tahun politik ini Pemuda Muhammadiyah bisa melakukan konsolidasi internal.

“Melalui rumah politik Pemuda Muhammadiyah mampu melakukan dakwah nilai di ranah kebangsaan,” pungkasnya. (mas)

 

 

Komentar