oleh

BPBD Petakan Kecamatan Rawan Bencana di Kabupaten Pati

-Daerah-0 views

Angin Puting Beliung di Kayen Pati

Kepala BPBD Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, di Kabupaten Pati terdapat wilayah rawan banjir, longsor dan bencana angin puting beliung. Sanusi menyebut setidaknya ada empat kecamatan di Pati yang rawan angin puting beliung, Sabtu (17/11).

Kecamatan Rawan Bencana

Pati, 5News.co.id,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati memetakan wilayah kecamatan rawan bencana. Hal itu dilakukan agar masyarakat yang berada di wilayah itu, dapat melakukan langakah antisipasi dini, jika kemudian terjadi bencana yang tidak diharapkan.

Kepala BPBD Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, di Kabupaten Pati terdapat wilayah rawan banjir, longsor dan bencana angin puting beliung. Sanusi menyebut setidaknya ada empat kecamatan di Pati yang rawan angin puting beliung.

“Empat kecamatan itu adalah kecamatan Cluwak, Gunungwungkal, gembong dan Kecamatan Sukolilo,” ungkapnya, Sabtu (17/11)

Menurut Sanusi, kecamatan yang rawan tanah longsor adalah di kecamatan Sukolilo, Cluwak Tlogowungu, Tambakromo, Gembong, Gunungwungkal dan Pucakwangi. Dia berpesan kepada masyarakat yang tinggal di kecamatan tersebut agar tetap waspada.

Angin Puting Beliung di Kayen

62 rumah di Desa Srikaton, Kecamatan Kayen Pati, rusak diterjang oleh angin puting beliung pada Jumat (16/11) sore kemarin. Bangunan tempat ibadah dan sebuah pos kampling di desa itu juga dilaporkan mengalami kerusakan akibat terjangan angin kencang.

Penduduk setempat menceritakan bahwa angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Walaupun hanya sebentar, angin kencang itu menghantam bagian atap hingga merusakkan rumah warga

BPDB Kab. Pati melaporkan rumah warga yang rusak terdampak angin kencang itu, masing-masing berlokasi di Sridonomulyo RT 01 RW 05 Desa Srikaton sebanyak 38 rumah, dua diantaranya adalah masjid dan pos kampling. Sementara di RT 02 RW 05 sebanyak 24 rumah rusak akibat diterjang angin puting beliung.

Rata-rata bagian rumah yang rusak adalah bagian atapnya. Selain itu, angin kencang itu juga merusakkan tanaman di pekarangan milik warga.

Angin Kencang di Dukuhseti

24 rumah warga Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati juga dilaporkan mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Minggu, (18/11) malam tadi.

Angin kencang yang melanda kawasan itu, selain merusakkan atap rumah, juga menumbangkan pohon hingga rumah warga rusak. Tiang listrik yang roboh serta kabel lepas menyebabkan mati lampu di wilayah setempat.

Dibantu warga, anggota Koramil Dukuhseti langsung mendatangi lokasi untuk memotong pohon yang tumbang dan membantu membenahi genteng yang porak poranda.(hsn)

Komentar