oleh

Biaya Pengobatan Bocah 10 Tahun asal Pati yang Terbakar Ditanggung Pemkab

-Berita, Pati-97 views

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Pemerintah Kabupaten Pati akan menanggung dan memfasilitasi biaya pengobatan Muhammad Khoirul Muhaimin (10), bocah kelas 4 SD yang tinggal di Desa Karangrejo RT 4 RW 1 Kecamatan Pucakwangi, Pati, Jawa Tengah. Bupati Pati Haryanto menyatakan telah menginstruksikan dinas terkait agar segera berkoordinasi untuk membantu pengobatan anak itu.

“Kami sudah komunikasi dengan pihak desa setempat, dan Kadesnya menyatakan bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam insiden itu”, kata Haryanto kepada Tim Liputan Humas Setda Kabupaten Pati di ruang kerjanya, Kamis (13/6/2019) siang.

Bupati juga mengatakan pihaknya sigap dalam menyikapi masalah Irul, panggilan akrab bocah itu. Dia juga berharap masalah tersebut tidak lagi dibesar-besarkan, apalagi saling menyalahkan. Yang lebih penting, menurutnya, adalah mencarikan solusi.

“Saya langsung instruksikan ke Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk saling berkoordinasi agar pengobatan korban dapat segera difasilitasi dan dibantu Pemkab”, tuturnya.

Kasatrskrim Polres Pati, AKP Yusi Andi juga mengungkapkan terbakarnya Irul terjadi saat bocah berusia 10 tahun itu bermain mercon bumbung (petasan dari bambu-red).

“Tadinya Irul bermain mercon bumbung bersama empat orang temannya. Tapi saat kejadian yang menyebabkan dia terbakar tinggal tiga orang. Pada saat bahan bakar dituangkan dan dinyalakan, api yang di dalam bumbung menjalar. Api itulah yang menyebabkan tubuh korban terbakar,” ungkapnya, seperti dilansir Detik.com, Kamis (13/6).

“Karena saat api dinyalakan, korban berdiri dekat bumbung. Yang menyalakan teman korban, namanya Heri Prasetyo. Yang menuang bahan bakar, Riszki,” lanjutnya.

Yusi menjelaskan pihaknya juga sudah melakukan olah TKP. Petugas polisi sudah memperoleh keterangan saksi-saksi dari rekan maupun keluarga korban. Polisi, kata Yusi, sedang mendalami kasus tersebut.

Sebelumnya kabar ‘Bocah 10 Tahun asal Pati Dibakar’ sempat viral di media sosial. Beredar isu seolah-olah bocah itu sengaja dibakar rekannya karena motif tertentu.

Irul kini sedang menjalani perawatan medis intensif di RS Kariadi Semarang akibat luka bakar yang dia derita. Orang tua Irul, yang sehari-harinya bekerja sebagai kuli bangunan, merasa berat dengan biaya pengobatan anaknya yang telah mencapai angka 23 juta rupiah.(hsn)

Promo Toyota Fara

Komentar