Bantu Atasi Lambannya Bantuan, Relawan ABI Dirikan 14 Titik Posko di Lombok

0

Mataram, 5News.co.id-Relawan ormas Ahlul Bait Indonesia (ABI) mendirikan posko-posko relawan di 14 titik yang tersebar di berbagai wilayah Nusa Tenggara Barat. Ke-14 posko tersebut difungsikan sebagai terminal jalur distribusi bantuan logistik, untuk mempercepat sebarannya. Demikian dinyatakan oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) ABI NTB, Ahmad Subhan (38), saat dihubungi wartawan Senin (27/8) pagi tadi.

Baca Juga: Warga Terdampak Gempa Bumi Cari Bantuan Sendiri Melalui Medsos

Ahmad mengatakan bahwa relawan ABI berdatangan dari berbagai wilayah nusantara sejak musibah gempa bumi pertama melanda kawasan itu, pada Minggu (29/7) lalu. Menurut Ahmad, sejauh ini pihaknya berusaha mengkoordinir bantuan logistik yang berdatangan dari berbagai daerah dan mendistribusikannya melalui relawan-relawan yang tersebar beberapa posko ABI.

“Lebih dari 100 relawan ABI saat ini bersiaga di 14 posko. Setiap hari kami jadwalkan distribusi logistik ke masing-masing posko,” katanya.

Baca Juga: Gempa 7 SR Akibatkan 10 Korban Tewas dan Lereng Rinjani Longsor

Ahmad menjelaskan bahwa 14 posko tersebut didirikan di beberapa daerah, yaitu,: Pajarakan, Buwuh, Ampenan, Rembige, Narmada, Pagutan, Ireng, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Labu Api, Batu Layar/Gunung Sari, Sesele, dan Cakranegara.

“Kami berkoordinasi dengan BNPB dan BPBD dalam mendistribusikan bantuan kepada warga terdampak gempa,” imbuhnya.

Menanggapi keluhan warga akan lambannya penanganan pemerintah dalam distribusi bantuan itu, ahmad mengatakan bahwa pihaknya memaklumi keterbatasan lembaga-lembaga yang ada dalam mengatasi dampak musibah gempa bumi itu. Lebih jauh Ahmad menambahkan bahwa justru diperlukan partisipan dalam sebaran bantuan kepada warga.

“Menumpuknya bantuan, terbatasnya tenaga dan fasilitas, ditambah sulitnya jangkauan mungkin jadi hambatan, tapi kita coba support agar sebarannya bisa lebih cepat,” ujarnya.

“Pada Idul Adha kemarin kita juga menyembelih hewan kurban di kampung bersama warga Desa Bengkaung Kec. Batulayar, Kab. Lombok Barat yang juga sebagai posko dua kami,” ucap Ahmad menjelaskan.

Selain sebaran distribusi bantuan logistik berupa sembako dan kebutuhan-kebutuhan lain, relawan ABI juga membagikan sejumlah Al Quran dan buku Iqro kepada warga yang membutuhkan. Selain itu relawan yang bersiaga ditiap posko, juga melakukan kegiatan-kegiatan lain seperti lomba, permainan, ‘trauma healing’, dan nonton bareng bersama anak-anak.

“Ada juga kegiatan mengaji dan membaca Al Quran bersama anak-anak. Kegiatan-kegiatan itu kami tujukan untuk meringankan beban psikologis warga yang terkena musibah, terutama anak-anak. Mereka kan masih kecil, kasihan,” kata dia.

Baca Juga: Peduli Gempa Lombok, Warga Banjaran Bangsri Kumpulkan Donasi

Kepada wartawan, Ahmad menyampaikan ucapan terima kasihnya atas perhatian dan partisipasi semua pihak yang telah mengirimkan bantuan, baik dalam bentuk uang maupun barang.

“Sampaikan ucapan terima kasih saya, sampai hari ini, masih banyak barang-barang masuk proses pendataan. Belum lagi yang dalam perjalanan,” pungkas Ahmad mengakhiri.(hsn)