Banjir Rendam Daerah Selatan Kabupaten Pati

2

Pati, 5News.co.id,- Banjir merendam sebagian wilayah selatan Kabupaten Pati. Hujan yang turun terus menerus beberapa hari terakhir menyebabkan meningkatnya debit air sungai yang melintasi wilayah tersebut sehingga meluap. Akibatnya, beberapa daerah di wilayah Kecamatan Sukolilo, Kayen, Gabus dan Tambakromo terendam banjir.

Berdasarkan pantauan 5news.co.id pada hari Senin (28/1) pagi tadi, air meluap dan menggenangi jalan, serta menggenangi rumah-rumah penduduk. Banjir juga menggenangi Alun-alun Kec. Kayen hingga setinggi lutut. Namun demikian, kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat terpantau lancar saat melewati jalan di depan RSUD Kayen.

Di wilayah Kec. Sukolilo, warga Desa Kasiyan mengatakan, air mulai naik menggenangi rumah penduduk sejak dini hari. Hingga berita ini ditulis, belum ada tanda-tanda air surut.

Dari desa Sumbersari dan Srikaton, Kec. Kayen, warga melaporkan air dari sungai telah meninggi sejak beberapa hari lalu. Pada dini hari tadi, air sungai meluap dan merendam rumah-rumah warga. Di beberapa wilayah, ketinggian air bisa mencapai dada orang dewasa, atau sekitar 1 meter. Dari Desa Talun, daerah yang menjadi sentra budidaya ikan air tawar, juga dilaporkan air meluap dan mengubah tambak menjadi lautan.

Di Kec.Tambakromo, warga mengatakan hal yang sama. Banjir menggenangi beberapa desa, dan merendam rumah-rumah penduduk yang berlokasi di dataran rendah di Desa Katan Kidul. Beberapa kendaraan bermotor dilaporkan mogok, karena nekat menerjang jalan yang tergenang air. Warga juga melaporkan, beberapa jalan desa bahkan tak bisa di lalui kendaraan bermotor, akibat tingginya air yang menggenangi ruas jalan desa tersebut.

Koresponden 5news.co.id di Kec. Gabus belum melaporkan dampak banjir di wilayah tersebut. Namun demikian, foto-foto genangan air di beberapa daerah di Kec. Gabus tampak beredar di media sosial.

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos didampingi Danramil 04/Kayen Kapten Cba M. Zuhri turun langsung ke lokasi daerah terdampak banjir di Kec. Kayen.

Dari akun resminya di Facebook, admin melaporkan bahwa Dandim Pati, Danramil Kayen bersama jajaran Polres Pati dan Polsek Kayen turun ke lapangan guna meninjau langsung lokasi daerah terdampak banjir di wilayah tersebut.(hsn)

2 Comments