oleh

Ayatullah Khamenei: Presiden AS, Presiden Perancis dan Perdana Menteri Inggris Adalah Penjahat

-Utama-7 views

Teheran, 5News

Pemimpin Revolusi Islam Iran Ayatullah Ali Khamenei mengutuk serangan udara AS, Inggris dan Perancis di Suriah sebagai “kejahatan,” dan menggambarkan para pemimpin dari tiga negara Barat tersebut sebagai “penjahat.”

“Saya menyatakan bahwa Presiden AS, Presiden Perancis dan Perdana Menteri Inggris adalah penjahat dan telah melakukan kejahatan,” kata Pemimpin Iran itu, Sabtu (14/4).

“Ketiga negara itu tidak akan mencapai tujuannya atau memperoleh manfaat. Mereka telah berada di Irak, Suriah dan Afghanistan dalam beberapa tahun terakhir, dan melakukan kejahatan yang sama tapi belum meraih apa-apa.” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, AS, Inggris, dan Prancis melancarkan serangan udara ke Homs dan Damaskus pada Sabtu (14/4). Ketiga negara ini mengklaim serangan hanya menargetkan fasilitas-fasilitas militer yang menimbun bahan-bahan kimia.

Iran menjadi sekutu pendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad dan membantunya dalam memerangi kelompok pemberontak yang menentang kekuasaannya sejak 2015. Selain Iran, Rusia turut membantu Assad melakukan hal ini.

Pada hari yang sama, Kementerian Luar Negeri Iran, menyatakan “Iran menentang penggunaan senjata kimia berdasarkan standar agama, hukum, dan etika. Pada saat yang sama kami juga mengutuk agresi terhadap negara yang berdaulat dengan menggunakannya sebagai alasan”.(ali)