oleh

90 Penyandang Disabilitas Ikuti Bimbingan Pemantapan Dinas Sosial

-Utama-16 views

 

 

Pati, 5News

Rendahnya motivasi dan kepercayaan diri para penyandang disabilitas, menjadi faktor utama yang membuat mereka kehilangan motivasi untuk berkarya. Hal ini menggerakan Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten Pati untuk menyelenggarakan program Bimbingan Pemantapan bagi para penyandang disabilitas pada tgl 17 dan 18 April 2018, di Pendopo Kecamatan Tlowungu, Pati.

Program kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kab. Pati dan Muspika Kec. Tlogowungu, dengan 90 orang penyandang disabilitas dari 4 kecamatan, yaitu Tlogowungu, Gabus, Margoyoso dan Gembong sebagai peserta.

Kegiatan ini memiliki 3 sesi pembinaan dan pembekalan, yaitu Pembinaan dan pemantapan mental oleh psikolog dan ulama, pembekalan peluang usaha oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan pembekalan pelatihan oleh praktisi Larasati Catering dengan tema membuat aneka kue.

Melalui 3 tahap kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi para penyandang disabilitas, sehingga mereka mampu berkarya dan hidup mandiri. Kegiatan yang secara umum di sebut Rehabilitasi Sosial Terhadap Penyandang Disabilitas 2018 ini, ditargetkan akan membina sekitar 810 penyandang disabilitas yang memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan, seperti: menyandang disabilitas (daksa, netra, rungu wicara), kondisi ekonomi kurang mampu, usia produktif, dan mempunyai kemampuan serta kemauan untuk mengembangkan bantuan sosial/ paket UEP (Usaha Ekonomi Produktif) yang diberikan.

Melalui program kegiatan ini, Dinas Sosial berharap agar para penyandang disabilitas memiliki jiwa yang besar dan menerima kondisi fisik dengan segala keterbatasannya, tetapi juga harus mampu memotivasi diri untuk berkarya sebagaimana manusia pada umumnya.(hsn)

Promo Toyota Fara