oleh

388 Warga Mengungsi Akibat Letusan Freatik Gunung Merapi

-Utama-4 views

Yogyakarta, 5News

Sebanyak 388 orang mengungsi di balai Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman akibat Gunung Merapi meletus freatik, Senin (21/5). Warga yang mengungsi ini mayoritas merupakan orang lanjut usia, ibu-ibu, dan anak-anak.

Baca Juga: Gunung Merapi Lontarkan Gas Setinggi 1.200 Meter

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana mengatakan, “Masih ada warga yang bertahan mengungsi di Balai Desa Glagaharjo, warga yang mengungsi berasal dari Dusun Kalitengah Lor, Dusun Kalitengah Kidul, Dusun Srunen, dan Dusun Singlar,”.

Kepala Urusan Pemerintahan Desa Glagaharjo, Heri Prasetyo menegaskan, “Menurut data kami, ada 388 orang yang masih berada di balai Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman,”.

Baca Juga: Hujan Abu Landa Sleman, Yogyakarta Kota dan Bantul, Akibat Letusan Freatik Gunung Merapi

“Bapak-bapak dan remaja nya menjaga rumah, mereka juga memantau perkembangan Merapi. Agar kebutuhan logistik warga yang mengungsi tercukupi, mereka semua kami data,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Merapi kembali meletus freatik, Senin (21/5) pukul 17.50 WIB, setelah letusan dini hari dan pagi harinya. Akibat letusan freatik ini, tiga Kecamatan di Sleman dilanda hujan abu.(hsn)